Berhasil Kelola Lingkungan, PLN Raih Delapan Penghargaan Proper Emas

    Berhasil Kelola Lingkungan, PLN Raih Delapan Penghargaan Proper Emas

    JAKARTA - PT PLN (Persero) berhasil meraih delapan penghargaan Proper Emas dan 20 Proper Hijau dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), berkat komitmen perusahaan dalam mengelola lingkungan dan kehadirannya bermanfaat bagi masyarakat sekitar.

    Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo mengatakan,   prestasi gemilang yang diperoleh tersebut hasil dari upaya kolaborasi yang baik antara PLN dengan masyarakat.

     

    "Penghargaan ini membuktikan kinerja luar biasa PLN dalam pengelolaan lingkungan hidup dan kehadirannya bermanfaat bagi masyarakat sekitar, " ujar Darmawan melalui keterangan tertulisnya, Selasa (28/12/2021).

     

    Darmawan menegaskan, penghargaan ini sangat penting bagi PLN karena menjadi bagian dari semangat transformasi PLN untuk menjalankan kegiatan usaha yang semakin berwawasan lingkungan.

     

    "Kami berkomitmen untuk senantiasa menyelenggarakan bisnis pembangkitan tenaga listrik dengan aman, bersih, dan efisien serta memberdayakan masyarakat sekitar, " katanya.

     

    Proper Emas menjadi penghargaan tertinggi dari penilaian sebagai bukti upaya berkelanjutan perusahaan dalam bidang lingkungan, melakukan inovasi dalam aspek pemberdayaan sumber daya, serta pengembangan dan pemberdayaan masyarakat.

     

    Perusahaan yang mendapatkan penghargaan ini berarti telah menerapkan pengelolaan lingkungan secara menyeluruh dan berkesinambungan.

     

    Sementara Proper Hijau artinya perusahaan tersebut tidak hanya taat, tetapi melebihi ketaatan terhadap peraturan perundangan baik dalam hal penerapan sistem manajemen lingkungan, efisiensi energi, pengurangan dan pemanfaatan limbah Bahan Berbahaya Beracun (B3), penerapan prinsip 3R, limbah padat non B3, pengurangan pencemaran udara dan emisi gas rumah kaca, efisiensi air dan penurunan beban pencemaran air, perlindungan keanekaragaman hayati, serta pemberdayaan masyarakat.

     

    "Pembangkit-pembangkit PLN yang berhasil mendapatkan Proper Emas berhasil mengedepankan aspek perbaikan berkelanjutan dan inovasi dalam segala hal, sehingga melebihi dari yang dipersyaratkan oleh pemerintah, " papar Darmawan.

     

    Salah satu peraih Proper Emas adalah PLN Tanjung Jati B yang terletak di pesisir pantai utara Jawa. PLTU di Jepara ini merupakan salah satu tulang punggung sistem kelistrikan Jawa Tengah karena mengahasilkan kapasitas listrik berdaya 4x710 megawatt.

     

    Saat ini total kapasitas pembangkit ini menyumbang sekitar 12 persen dari total kebutuhan listrik Jawa-Bali dan merupakan salah satu dari obyek vital nasional.

     

    PLTU Tanjung Jati B berhasil melakukan inovasi dengan mengoptimalisasi pemanfaatan fly ashdan bottom ash (FABA) serta pengurangan hingga 126 ribu meter persegi konsumsi air setiap tahun.

     

    Selain itu PLTU Tanjung Jati B juga telah melakukan pemberdayaan difabel melalui program Rumah Sahabat Difabel (Sadifa). Rumah Sadifa merupakan Rumah yang difasilitasi oleh PLN sebagai tempat berkumpul dan pemberdayaan Komunitas Sadifa Jepara.

     

    Berbagai produk telah dihasilkan oleh Komunitas Sadifa Jepara, di antaranya sirup herbal dan masker ramah disabilitas. (***)

    Ernest Hendri

    Ernest Hendri

    Artikel Sebelumnya

    Masyarakat Diminta Atur Mobilitas dan Terapkan...

    Artikel Berikutnya

    Mentan Syahrul Yasin Limpo Dorong Eksportir...

    Berita terkait

    Peringkat

    Profle

    Mulyadi Umar verified

    Aleks Waine

    Aleks Waine verified

    Postingan Bulan ini: 0

    Postingan Tahun ini: 3

    Registered: Dec 8, 2021

    Agung widodo

    Agung widodo verified

    Postingan Bulan ini: 0

    Postingan Tahun ini: 45

    Registered: Apr 8, 2021

    Achmad Sarjono

    Achmad Sarjono verified

    Postingan Bulan ini: 0

    Postingan Tahun ini: 15

    Registered: Jul 17, 2020

    Fahmi

    Fahmi verified

    Postingan Bulan ini: 0

    Postingan Tahun ini: 7

    Registered: Mar 23, 2022

    Rekomendasi

    Ketua MUI Paser Tolak Putusan Izin Nikah Beda Agama.
    Ombudsman RI Temukan Potensi Maladministrasi Dalam Proses Peralihan Pegawai BRIN
    Pencegahan Korupsi Berkelanjutan, KPK Kembali Gelar SPI Mulai 1 Juli 2022
    Pemerintah Tetapkan Iduladha 1443 H Jatuh pada 10 Juli 2022
    Pangdam III/Siliwangi Sambut Kepulangan Prajurit Yonif 315/Garuda, Satgas Satuan Organik di Wilayah Papua

    Ikuti Kami