9 Aplikasi Sumber Daya Manusia Terbaik Tahun 2022

    9 Aplikasi Sumber Daya Manusia Terbaik Tahun 2022

    JAKARTA - Memilih aplikasi sumber daya manusia terbaik untuk perusahaan kecil hingga besar sering kali menjadi sebuah kendala. Apalagi saat ini ada cukup banyak aplikasi yang memberikan fasilitas tersebut dan memastikan sistemnya memberikan keuntungan yang menarik.

    HRIS sendiri atau Human Resources Information System merupakan salah satu sistem yang dipercaya dapat membantu pengelolaan serta manajemen sumber daya manusia pada perusahaan secara optimal.
    Karena itu, banyak perusahaan yang mulai mempercayakan pengelolaan sumber dayanya pada sistem tersebut.

    Bagi yang sedang mencari tahu apa saja aplikasi sumber daya manusia terbaik di Indonesia untuk perusahaan kecil maupun perusahaan besar, simak lebih lanjut informasi berikut di bawah ini.
    1. Talenta by Mekari
    Salah satu aplikasi sumber daya manusia yang memiliki sistem cukup menarik yaitu aplikasi dari Talenta by Mekari. Aplikasi tersebut membantu proses otomatisasi pekerjaan HR yang lebih mudah, efektif serta efisien. Sehingga membantu supaya sistem dalam HR perusahaan berjalan lebih efektif dan optimal.
    Ada beberapa fitur menarik yang ditawarkan oleh aplikasi sumber daya manusia besutan Talenta by Mekari tersebut.

    Fitur-fitur ini antara lain sebagai berikut.
    ● Menggunakan basis sistem cloud yang membantu database karyawan lebih optimal. Sehingga dapat dilakukan kapan saja dan dimana saja. Selain itu juga dapat diakses secara mudah oleh pihak yang berkepentingan melalui perangkat apapun. Jauh lebih efektif, efisien, dan juga lebih fleksibel.
    ● Membantu jalannya rekrutmen dalam satu platform, sehingga semua dapat diatur secara terpusat. Data rekrutmen juga terintegrasi dengan baik sehingga memudahkan proses rekrutmen berjalan optimal.
    ● Memiliki keamanan sistem yang baik dan terjamin, sehingga mampu menghindari potensi pelanggaran hukum terutama dalam hal pencurian informasi.
    ● Mengelola database seluruh karyawan secara efektif, sehingga perusahaan dapat dengan mudah melakukan input data maupun update data karyawan secara berkala dengan cepat.
    ● Memiliki sistem komunikasi dua arah yang terpadu antara perusahaan dan karyawan, sehingga membantu melakukan jajak pendapat maupun pertemuan dan diskusi yang terarah dan terjadwal dengan baik. 

    2. Namely
    Berikutnya yang sedang mempertimbangkan penggunaan aplikasi sumber daya manusia yang tepat untuk perusahaannya dapat juga mempertimbangkan penggunaan Namely. Aplikasi ini merupakan sebuah sistem yang mampu mempermudah proses pengelolaan karyawan di dalam sebuah perusahaan secara optimal. Sebagai salah satu aplikasi sumber daya manusia, tentunya Namely mampu membantu optimalisasi sistem kerja HR perusahaan yang lebih efektif dan efisien.

    Aplikasi yang diluncurkan oleh Amerika Serikat di tahun 2012 ini juga memiliki banyak fitur menarik yang layak untuk dipertimbangkan. Mulai dari pengelolaan data dan informasi terkait karyawan perusahaan, sistem payroll yang efektif serta efisien, hingga membantu pembuatan peraturan kerja perusahaan. Semua dapat dilakukan dengan satu langkah mudah melalui aplikasi yang satu ini.

    UPDATES.CO.ID
    market.biz.id UPDATES.CO.ID
    20% Rp 125.000
    Beli sekarang!

    Sayangnya, aplikasi ini tidak memuat secara rinci mengenai regulasi yang diterapkan di Indonesia. Sehingga ada beberapa poin yang membuat proses HRIS perusahaan di Indonesia menjadi tidak maksimal. Namun demikian untuk perusahaan kecil yang baru memulai bisnis, maka aplikasi ini tetap bisa menjadi alternatif untuk memudahkan pengelolaan sumber daya perusahaan.

    3. Exelsyslive Easy HR
    Berikutnya ada pula aplikasi sumber daya manusia yang bernama Exelsyslive Easy HR. Aplikasi ini merupakan aplikasi untuk sistem HR yang dibesut oleh Inggris.

    KAMPAI.CO.ID
    market.biz.id KAMPAI.CO.ID
    20% Rp 125.000
    Beli sekarang!

    Dalam penggunaannya, aplikasi tersebut memudahkan perusahaan untuk memaksimalkan pengelolaan manajemen sumber daya perusahaan secara efektif dan efisien. 

    Mulai dari sistem kehadiran karyawan, pengelolaan data karyawan, dan sebagainya. Dengan aplikasi ini perusahaan bahkan dapat dengan mudah membuat sistem organisasi yang lengkap. Hingga sistem organisasi unit maupun divisi yang berjalan di dalam perusahaan sepenuhnya. Sehingga melakukan pemantauan kinerja tiap divisi menjadi lebih mudah.

    OPINIPUBLIK.ID
    market.biz.id OPINIPUBLIK.ID
    20% Rp 125.000
    Beli sekarang!

    Salah satu manfaat yang lain dari penggunaan Exelsyslive Easy HR yaitu basis sistem cloud pada aplikasi tersebut. Sehingga secara tidak langsung membantu memudahkan perusahaan untuk melakukan akses kapan saja dan dimana saja. 

    Melalui dukungan aplikasi mobile, tentunya hal tersebut membuat seluruh pekerjaan HR perusahaan menjadi lebih mudah. Selain itu jajaran direksi juga dapat melihat secara langsung perkembangan sistem HR tanpa harus berada di area perusahaan.

    4. Workday 
    Kemudian ada pula sistem aplikasi sumber daya manusia terbaik yang dinamakan dengan Workday. Seperti kebanyakan sistem HRIS yang lainnya, Workday merupakan aplikasi yang membantu memudahkan perusahaan dalam melakukan pengelolaan data karyawan maupun manajemen sumber daya tersebut secara optimal. 

    Aplikasi yang berasal dari Amerika Serikat tersebut mampu mempermudah perusahaan dalam mengumpulkan informasi tentang karyawan secara akurat. Selain itu proses manajemen karyawan dapat dilakukan secara lebih efektif dan efisien berkat sistem yang telah terpadu dan terintegrasi dengan baik.

    Dengan menggunakan Workday, maka pelaksanaan payroll dan sistem penggajian dapat berjalan lebih baik dan terotomatisasi. Selain itu absensi karyawan juga dapat tercatat secara otomatis. HR akan dapat memperoleh laporan aktual mengenai kehadiran karyawan dan menyusun payroll sesuai data tersebut. Maka dari itu, secara keseluruhan Workday membantu pekerjaan HR yang jauh lebih cepat, efektif dan tentunya efisien.

    JURNALNASIONAL.CO.ID
    market.biz.id JURNALNASIONAL.CO.ID
    20% Rp 125.000
    Beli sekarang!

    5. Timetastic
    Untuk yang sedang mencari tahu apa aplikasi sumber daya manusia terbaik untuk perusahaannya dapat juga mempertimbangkan untuk menggunakan Timetastic. Aplikasi ini membantu sederet pekerjaan HR yang lebih mudah, efektif dan efisien.

    Dengan menggunakan aplikasi ini, maka proses pendataan informasi tentang karyawan dapat dilakukan secara cepat dan otomatis. Hal ini berkat fitur-fitur menarik yang mendukung kebutuhan tersebut secara optimal.

    Selain itu Timetastic juga terbukti dapat melakukan optimasi dalam pengelolaan kehadiran karyawan. Berkat sistem yang terintegrasi dengan absensi karyawan, tentunya hal ini memudahkan HR dalam melihat jumlah karyawan yang hadir dan yang tidak hadir dengan cepat.

    Pengawasan atau monitoring dapat dilakukan perusahaan dengan mudah.
    Adapun aplikasi ini memiliki dua buah pilihan paket aplikasi, pertama yang paket dasar, dan yang kedua yaitu paket pro.

    Apabila menggunakan paket dasar maka otomatis akan memiliki aksesibilitas yang cukup terbatas pada fitur-fiturnya. Namun bagi yang memilih menggunakan paket pro, tentu akan memperoleh semua fitur secara optimal.

    RILISNASIONAL
    market.biz.id RILISNASIONAL
    20% Rp 125.000
    Beli sekarang!

    Akan tetap untuk paket pro tersebut mengharuskan perusahaan untuk memberikan lebih banyak biaya yang bisa dikatakan cukup besar.

    6. Paycor
    Program aplikasi sumber daya manusia terbaik berikutnya yaitu Paycor. Program ini membantu perusahaan untuk mengelola karyawan dengan efektif. Mulai dari proses perekrutan, penerimaan karyawan, hingga sistem absensi dan pembayaran payroll karyawan setiap bulannya.

    Semua terintegrasi dengan baik dan memudahkan HR dalam mengakses kebutuhan tentang informasi karyawan secara cepat.
    Melalui Paycor tentu pekerjaan HR dapat dilakukan lebih efektif.

    Apalagi aplikasi yang satu ini mengizinkan para karyawan untuk mengupdate serta memasukkan informasi data pribadi secara personal. Sehingga HR hanya perlu melakukan verifikasi dan mengumpulkan data secara otomatis.

    Hal ini juga secara tidak langsung membantu pengelolaan data karyawan yang lebih mudah dan lebih cepat.

    7. WebHR
    Aplikasi sumber daya manusia lainnya yang layak untuk dipertimbangkan yaitu WebHR. Aplikasi ini membantu menyediakan berbagai macam fitur yang mendukung pengelolaan sumber daya perusahaan secara optimal.

    Tidak hanya itu saja, namun WebHR juga sudah menggunakan sistem cloud, sehingga dapat diakses dengan mudah kapan saja dan dimana saja tanpa batas.

    Aplikasi ini tercatat telah digunakan lebih dari 25000 perusahaan yang tersebar pada lebih dari 198 negara di dunia. Maka dari itu tidak mengherankan jika WebHR merupakan salah satu aplikasi sumber daya manusia favorit untuk banyak perusahaan di dunia. 

    Melalui aplikasi ini, perusahaan dapat mengelola sistem kehadiran karyawan dengan lebih mudah, melihat performa kerja karyawan selama bergabung di perusahaan, dan mengumpulkan data pribadi karyawan hingga melakukan payroll secara otomatis.

    Dengan beberapa fitur andalan tersebut, tentunya membuat WebHR menjadi salah satu aplikasi sumber daya manusia yang cukup lengkap dalam menunjang manajemen sumber daya perusahaan yang optimal.

    8. Deskera
    Kemudian ada pula aplikasi untuk HRIS yang berasal dari Amerika Serikat dengan nama Deskera. Melalui program tersebut, maka perusahaan dapat melakukan pengelolaan data karyawan secara optimal.

    Sehingga membantu sistem kerja HR perusahaan yang lebih cepat dan lebih mudah. Fitur-fiturnya secara umum terdiri dari fitur absensi, fitur integrasi payroll, fitur pengelolaan data karyawan, dan sebagainya.

    Tidak hanya membantu dalam pengelolaan kehadiran karyawan dan sistem payroll saja, namun Deskera juga memiliki fitur pendukung lainnya yang cukup super. Salah satunya yaitu fitur pengaturan alur kerja karyawan hingga fitur perhitungan target sales karyawan. 

    Dengan demikian hal ini membantu perusahaan melakukan pengawasan kinerja karyawan secara optimal setiap bulannya. Sehingga perusahaan juga dapat memutuskan apa saja yang perlu ditingkatkan dari kinerja masing-masing karyawan tersebut. Termasuk bila perlu merencanakan program training atau pelatihan terkait untuk membantu optimisasi keahlian karyawan.

    9. Orangehrm
    Terakhir bagi yang merasa bingung menentukan aplikasi sumber daya manusia terbaik yang dapat digunakan oleh perusahaan, maka dapat pula mempertimbangkan penggunaan Orangehrm.

    Aplikasi ini juga menarik untuk dipertimbangkan baik bagi perusahaan kecil maupun perusahaan yang cukup besar. Sebagai aplikasi besutan New Jersey di Amerika Serikat, Orangehrm sangat tepat digunakan dalam pengelolaan sumber daya perusahaan korporasi maupun startup.

    Orangehrm menggunakan sistem HRIS dengan solusi modular, dimana tiap-tiap modular ini akan membantu peran dan fungsi masing-masing.

    Misalnya yaitu modul untuk travel karyawan serta biaya yang dikeluarkan. Dengan demikian melalui modul tersebut maka HR dapat melakukan pemantauan serta proses administrasi yang cepat dan memadai terkait dokumen yang diperlukan.

    Masih banyak lagi fitur dan modul yang ditawarkan oleh aplikasi sumber daya manusia ini. Termasuk fitur dalam pengelolaan sumber daya perusahaan dalam bentuk pelatihan atau training.

    Dengan adanya modul-modul tersebut, maka setiap lini yang membutuhkan peranan HR akan dapat dilaksanakan dengan mudah. Pekerjaan HR secara tidak langsung jauh lebih efektif dan efisien, sementara di sisi yang lain sistem database HR juga lebih rapi dan tersistem dengan baik.

    Itulah beberapa pilihan aplikasi sumber daya manusia terbaik yang dapat dipilih baik untuk perusahaan kecil hingga perusahaan yang cukup besar.

    Dengan berbagai macam kelebihan dan manfaat yang diberikan oleh masing-masing sistem HRIS tersebut, tentunya dapat membantu pengelolaan sumber daya yang lebih optimal.

    Sehingga dengan demikian perusahaan dapat dengan mudah mengalokasikan serta mengatur sumber dayanya dengan baik. Yang mana tentu saja hal ini untuk mendukung pencapaian visi dan misi perusahaan sepenuhnya. (***)

    Updates

    Updates

    Artikel Berikutnya

    Mentan Syahrul Yasin Limpo Dorong Eksportir...

    Berita terkait

    Peringkat

    Profle

    Suferi verified

    Agung widodo

    Agung widodo verified

    Postingan Bulan ini: 5

    Postingan Tahun ini: 50

    Registered: Apr 8, 2021

    Achmad Sarjono

    Achmad Sarjono verified

    Postingan Bulan ini: 2

    Postingan Tahun ini: 17

    Registered: Jul 17, 2020

    Mulyadi Umar.

    Mulyadi Umar.

    Postingan Bulan ini: 1

    Postingan Tahun ini: 4

    Registered: Jun 15, 2022

    Karmel

    Karmel verified

    Postingan Bulan ini: 1

    Postingan Tahun ini: 1

    Registered: Nov 23, 2021

    Profle

    Suferi verified

    Pendiri KAMIJO Ucapkan Turut Berduka Cita Atas  Wafatnya Almarhum Menteri PAN-RB Tjahjo Kumolo 
    Nusantara Center Bakal Usung Erick Thohir Jadi Capres 2024 
    Di Hadapan Presiden Jokowi, Kapolri Ungkap Makna Dibalik Tema HUT Bhayangkara ke-76 
    Dinilai Tak Mampu Bayar Hutang Rp 20 Miliar,  Kreditor Gugat 3 Perusahaan di PN Jakarta

    Rekomendasi

    Dihadapan Presiden Jokowi, Kapolri Ungkap Makna Dibalik Tema HUT Bhayangkara ke-76 
    Indonesia Akan Punya 3 Provinsi Baru, Tokoh Papua: Semoga Masyarakat Papua Lebih Leluasa
    Kepala Pusat Riset Pemerintah Dalam Negeri BRIN Harap Pemekaran Wilayah di Papua Jadi Solusi Mengatasi Konflik
    BRIN Dorong Percepatan Pembangunan di Papua Harus Dibarengi Pemekaran
    Kepala Pusat Riset Pemerintahan Dalam Negeri BRIN Jamin Pemekaran 3 Provinsi Papua Perbaikan Kesejahteraan Rakyat

    Ikuti Kami